Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam baru biasanya akan sangat diminati oleh pengunjungnya. Terlebih apabila wisata alam tersebut menjadi salah satu tempat yang hits di sosial media. Nah, Yogyakarta juga memiliki beberapa lokasi wisata yang hits dikalangan anak muda atau wisatawan lain yakni wisata alam Kalibiru.

Wisata alam ini terletak di Kulon Progo, Yogyakarta yang tepatnya di perbukitan Menoreh yang memiliki ketinggian sekisar 450 mdpl. Wisata alam Kalibiru ini menyuguhkan pemandangan yang indah karena dari puncak tersebut kamu bisa melihat perbukitan nan hijau dan waduk Sermo.

Untuk menikmati pemandangan tersebut, kamu bisa melihat dari gardu pandang yang tersedia di lokasi tersebut. Di gardu pandang tersebut kamu bisa berfoto dengan background pemandangan perbukitan yang hijau. Untuk mencapai gardu pandang yang tinggi tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat petugas yang akan memberikan pengarahan. Selain itu, kamu juga akan dipakaikan peralatan keamanan yang akan menjaga keamanan kamu ketika mencapai gardu pandang tersebut.

Ternyata di lokasi wisata alam Kalibiru ini tidak hanya menyediakan gardu pandang untuk menyaksikan keindahan alam berupa perbukitan serta birunya langit, namun juga menyuguhkan jalur trekking yang biasanya digunakan untuk lokasi berkemah. Dan ketika sampai puncak maka kamu akan menemui prasasti batu dan fly over.

Fasilitas di tempat wisata ini juga lengkap sehingga kamu tidak perlu bingung diantaranya warung makan, tempat penginapan, masjid, toilet dan lain sebagainya. Bisa dikatakan kawasan wisata ini sangat siap untuk dikunjungi oleh wisatawan karena terdapat tempat menginap bahkan ruang untuk pertemuan.

Untuk menuju ke lokasi wisata alam kalibiru tersebut tidak lah sulit. Bahkan jalurnya hampir sama dengan waduk Sermo. Jika kamu dari arah Jogja maka ambil jalan menuju Water kemudian ikuti jalan hingga waduk Sermo kemudian menuju ke Kalibiru. Untuk masuk ke area wisata Kalibiru maka wisatawan akan dikenakan tarif tiket seharga Rp. 5000 dan parkir Rp 2000 untuk sepeda motor sedangkan untuk mobil sekitar Rp. 5000.