Grojogan Lepo Dlingo, Wisata Air Baru di Bantul

Di kenal sebagai daerah wisata alam bukit dan puncak, Dlingo juga menyimpan pesona wisata alam lainnya, yakni air terjun. Air terjun yang dinamai Grojogan Lepo atau terkenal pula dengan nama Air Terjun Ledok Pokoh, merupakan destinasi wisata air yang masih baru di Bantul.

Air terjun ini satu memiliki bentuk bertingkat dan cukup rendah, sehingga banyak yang mengatakan bahwa air terjun ini mirip dengan Erawan Falls yang berada di Thailand. Obyek wisata ini tergolong telah dikelola dengan baik oleh warga, terbukti batu-batu di sekitar air terjun sudah ditata sedemikian rupa yang memudahkan pengunjung untuk turun dari satu tingkat ke tingkat berikutnya di bawahnya.

Tingkatan ketinggian air terjun ini pun berbeda-beda, dimana untuk tingkat pertama ketinggiannya sedang dengan kedalaman kolam setengah meter. Kolam itu pun sering disebut ‘curug’ oleh warga sekitar. Di tingkat pertama ini, pengunjung dapat berenang, duduk-duduk santai sambil merendam kaki, atau pun berpose. Dikelilingi oleh tebing batu kapur dengan tekstur yang unik dan berair jernih, air terjun kecil ini sangat cocok dinikmati oleh satu atau dua orang saja dan akan terasa seperti air terjun privat.

Di tingkat kedua, pengunjung akan mendapati tingkatan yang lebih licin dan curam. Pengunjung harus berhati-hati untuk dapat sampai di sisi ini. Di tingkat kedua ini juga terdapat kolam atau curug dengan kedalaman selutut orang dewasa yang tentunya dapat digunakan untuk bermain air. Kolam ini cocok untuk bermain anak-anak. Di tepian kolam, juga terdapat bebatuan besar yang telah tersusun rapi dan dapat digunakan untuk bersantai atau duduk-duduk.

Sementara itu, di tingkat akhir atau tingkat bawah, terdapat air terjun berukuran pendek dengan kolam berkedalaman sekitar 2 meter. Kolam atau curug ini lebih dalam dan luas dibandingkan dengan curug-curug yang ada di tingkat atas. Di kolam ini, sangat cocok diguhnakan untuk berenang orang dewasa.

Bagi kamu yang ingin berkunjung di Grojogan Lepo yang berada di Desa Pokoh 1, Dlingo, Bantul ini, kamu akan ditantang dengan medan yang cukup ekstrim, yaitu terdapat banyak tikungan dan tanjakan khas daerah perbukitan yang pastinya harus kamu tempuh menggunakan kendaraan yang prima. Meski jalanan yang harus ditempuh cukup ekstrim dan membutuhkan tenaga, namun akan terbayar lunas dengan pesona keindahan pesona air terjun satu ini yang memiliki suasana sejuk dan asri.