Embung Nglanggeran, Danau Buatan di Gunung Kidul yang Mempesona

Gunung Kidul seakan tak pernah habis menawarkan berbagai obyek wisata alam yang menarik para peloncong untuk singgah. Selain menawarkan obyek wisata pantai, air terjun, goa, dan bukit dengan pemandangan luar biasa, di Gunung Kidul kamu juga dapat berwisata di telaga buatan yang pastinya tak kalah menarik dari wisata alam lainnya.

Salah satu telaga buatan yang populer di Gunung Kidul yakni Embung Nglanggeran. Sesuai dengan namanya, danau buatan satu ini memang berada di Desa Wisata Nglanggeran dan berada tak jauh dari lokasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Dulunya, wilayah tersebut memang hanya sebuah perbukitan namun kemudian oleh masyarakat sekitar dengan bantuan Pemerinah Daerah, bukit tersebut akhirnya disulap menjadi sebuah danau buatan di atas bukit yang menawarkan pesona alam yang indah. Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, embung ini memang sengaja ditujukan sebagai tempat penampungan atau penyimpanan air untuk mengairi kebun-kebun yang ada di bawah bukit Nglanggeran. Tak ayal, maka kawasan embung ini juga biasa disebut sebagai Kebun Buah Nglanggeran.

Waktu terbaik untuk mengunjungi embung ini adalah di sore hari dimana pengunjung dapat menikmati senja atau sunset yang indah di pinggir embung tanpa terhalang oleh pepohonan maupun perbukitan. Selain itu, sinar matahari berwarna keemasan di senja, pastinya akan menciptakan refleksi yang indah di permukaan embung dengan adanya pembiasan di air.

Jika kamu tidak bisa mengunjungi tempat ini di sore hari, maka alangkah lebih baik jika kamu berkunjung pada pagi hari utnuk melihat sunrise. Di pagi hari, tentunya kamu akan mendapati telaga yang indah dengan latar lembah yang hijau menjulang dan adanya kabut yang dapat kamu abadikan menjadi gambar yang epic.

Terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, embung ini terletak sekitar 2 km dari obbyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Dari parkiran, untuk sampai ke embung ini, kamu harus trekking melewati puluhan anak tangga yang berkelok-kelok dengan pemandangan sekitar yang mempesona.

Selain terdapat banyak spot foto menarik, di embung ini terkadang juga terdapat berbagai pertunjukan musik maupun kesenian. Pada malam tahun baru kemarin, obyek wisata ini pun menggelar pertunjukan musik dan budaya yang cukup menyedot perhatian masyarakat.