Curug Banyunibo, Air Terjun Cantik yang Tersembunyi

Beberapa tahun belakangan, daerah-daerah Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai berbenah diri. Bantul, merupakan salah satu daerah yang memiliki perkembangan wisata yang tergolong pesat dan sekana tak mau kalah dari daerah lainnya dalam menawarkan pilihan wisata alam yang menarik.

Tak hanya menawarkan wisata alam bukit dan puncak yang kini sangat populer bahkan di tingkat nasional, Bantul juga memilki sejumlah wisata air yang patut untuk diperhitungkan, salah satunya yakni wisata air terjun atau pun curug. Sebut saja Curug Banyunibo yang terletak di Dusun Kabrukan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul, curug satu ini menawarkan pesona air terjun cantik.

Berada di kawasan hutan yang asri dan cukup tersembunyi, air terjun ini memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 10 meter dengan banyaknya aliran air yang mengalir ke bawah sehingga sangat apik dipandang, terutama ketika musim penghujan tiba. Air curug sangat jernih dan alirannya tidak begitu deras, sehingga pengunjung dapat bermain air dengan aman di bawah air terjun tersebut.

Meski begitu, namun pengunjung disarankan untuk tetap memakai alas kaki atau sol anti selip ketika bermain di bebatuan yang berada di bawah air terjun. Hal ini karena bebatuan tersebut sangat licin, sehingga untuk meminimalisir resiko terpeleset.

Selain bermain air, wisatawan yang berkunjung juga dapat beristirahat atau duduk-dudukĀ  di sebuah gazebo sederhana yang sudah tersedia disana. Jika wisatawan berkunjung pada musim kemarau, air terjun ini masih mengalir air, tetapi debitnya tidak terlalu banyak, sehingga akan lebih baik jika pengunjung datang pada musim hujan karena air terjun tersebut akan terlihat cantik dan sangat cocok untuk berpose.

Masih dikelola oleh masyarakat setempat, untuk dapat masuk ke obyek wisata satu ini pengunjung tidak dikenakan tiket masyuk dan hanya cukup emmbayar biaya parkir saja sebesar Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil. Dari parkiran, untuk sampai ke curug, pengunjung hanya perlu berjalan kurang lebih 100 meter dan medannya tidak terjal. Akan tetapi, akses masuk ke dusun ini pengunjung akan disuguhkan dengan jalanan khas pegunungan.